Sinden Wayang : Suryati (Sinden Blater, Purbalingga)

0 238

Sinden dari Purbalingga. Bagi pecinta gending dan wayang tahun 1980-an pasti kenal nama Suryati sebagai sinden. Suaranya mengangkasa di udara Nusantara sebab sebagai sinden suara Suryati direkam dalam bentuk kaset dan diudarakan oleh RRI dan radio di berbagai kota.  Hasil rekaman suaranya diperjual-belikan di berbagai toko maupun kios musik. Itulah legenda Suryati Sinden Blater. Suryati lahir di desa Blater sekitar tahun 1950, anak sulung dari Ki Nadwiraja, seorang tukang kayu.

Suryati kecil cukup dipanggil dengan kata “Sur” saja. Ia sekolah hanya sampai SD. Dimulai dari guru SD-nya yang bernama Pak Warno, yang mengamati dan menghayati bahwa Si Sur kecil punya suara yang merdu sebagai sinden. Barangkali bakat turunan dari neneknya yang bernama Nini Ranem seorang yang terkenal sebagai lengger pada jamannya. Si Sur pun oleh Pak Warno diikutkan dalam latihan gendhing sebagai sinden. Bahwa di Dukuh Blater Legok ada kelompok karawitan yang dipimpin oleh Pak Wiardja, setiap kali pula Suryati ikut nyinden di kelompok tersebut.

Tahun 1965-an ada kelompok kesenian di bawah bimbingan Partai Nasinal Indonesia (PNI) yang diberi nama LKN (Lembaga Kesenian Nasional). Suryati ikut dibesarkan oleh kelompok ini. Tidak lama kemudian Sur dibimbing pula oleh Kebayan Gambarsari, Ki Arsameja. Dan sejak saat itu Suryati dalam pagelaran wayang diperkenankan duduk.

Source Toto totoendargosip.blogspot.com/2016/11/suryati-sinden-blater_7.html
Comments
Loading...