Sinden Wayang : Vella Zulfiani, Sinden Terbaik Tulungagung

0 144

Vella Zulfiani. Warga Desa Sepatan, Kecamatan Gondang, Tulungagung, itu sejak SD sudah belajar menyanyikan gending Jawa. Dia pun kini terus belajar dan mengukir prestasi. Saat ditemui di sekolahnya Rabu lalu (11/4), Vella baru saja selesai ikut ujian sekolah. Dia adalah siswa kelas IX SMPN 1 Gondang. Di ruang tamu sekolah, dia banyak bercerita tentang hobinya menyanyi lagu Jawa. Vella mengungkapkan, keterampilannya menyinden diperoleh secara tidak sengaja.

Yakni saat dikenalkan dengan lagu Jawa oleh salah seorang guru ketika masih SD. Berawal dari pengenalan itu, Vella diajari salah seorang guru. Mulai cara menyanyi, olah vokal, hingga tinggi rendahnya nada dalam bernyanyi lagu Jawa. Ternyata, Vella mampu menguasainya dengan baik. Guru yang mengajarinya pun semakin bersemangat. Hingga akhirnya memberi Vella kesempatan tampil di atas panggung, mengisi beberapa acara di sekolah. Proses Vella belajar sebagai sinden semakin serius. Dia ikut dalam sanggar di kawasan Boyolangu.

Di sanalah kemampuannya semakin terasah. Dia dibimbing guru yang lebih kompeten. Telaten dan serius, Vella juga tidak bosan untuk terus belajar. Dia pun semakin sering tampil di atas panggung. Masuk SMP, kemampuan Vella sudah diketahui guru. Karena itulah, pihak sekolah mendukungnya. Dia langsung ikut dalam kelompok karawitan sekolah. Posisinya jelas menjadi vokalis atau sindennya.

Awalnya itu hanya iseng. Akhirnya ikut seleksi.

Source Press Reader pressreader.com/indonesia/jawa-pos/20180416/281784219679951
Comments
Loading...