Sinden Wayang : Yati Pesek, Seniman Yogyakarta

0 239

Yati Pesek, salah seorang seniman serba bisa yang tinggal di Yogyakarta. Beliau bisa nyinden, melawak, menari tari Jawa, main ketoprak, dan lain sebagainya. Beliau mengenal Ki Manteb pada tahun 1967, sewaktu grup ketoprak Sari Budaya pentas di Sragen. Saat itu Ki Manteb menjadi penabuh/pembalung di ketoprak Sari Budaya tersebut. Ketoprak Sari Budaya ini merupakan salah satu ketoprak tobong yang berasal dari Klaten, di bawah pimpinan Aris Munandar.

Oleh karena merupakan ketoprak tobong, maka ketoprak ini pentasnya berpindah-pindah atau keliling dari kota ke kota lain, setiap 5 bulan ketoprak Sari Budaya ini tentu akan berpindah tempat pementasannya. Pada tahun 1984, Yati Pesek ketemu lagi dengan Ki Manteb Soedharsono setelah sekian lama tidak bertemu, yaitu masih dalam acara pentas ketoprak Sari Budaya. Waktu itu Yati Pesek diminta untuk membantu dalam pentas ketoprak tersebut, namun mereka belum akrab seperti sekarang sehingga hanya bertegur sapa pada umumnya seperti yang lain.

Setelah sekian lama tidak bertemu, pada tahun 1990, Yati Pesek tidak sengaja menjadi bintang tamu saat Ki Manteb mendalang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pada waktu itu Yati Pesek sedang mendapat tanggapan melawak bersama kelompoknya (Daryadi, dan Marwoto) pentas di Taman Ria. Mereka menginap di Wisma Taman Mini Indonesia Indah, ternyata di wisma itu rombongan Ki Manteb.

Source ia600206.us.archive.org ia600206.us.archive.org/1/items/KiMantebSoedharsonoLR/Ki%20Manteb%20Soedharsono_LR.pdf
Comments
Loading...