Sumber Cerita Wayang : Arjunawijaya, Gubahan Utarakandha

0 193

Adapun kitab-kitab yang membuat sumber cerita pedalangan adalah sebagai berikut:

Arjunawijaya
(gubahan dari Utarakandha)
cerita perangnya Prabu Dasamuka dengan Danaraja

Kakawin Arjunawijaya merupakan salah satu karya sastra gubahan Mpu Tantular, pujangga yang hidup ketika semasa pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389) dan Wikramawardhana (1389-1429) di Majapahit. Karya sastra yang mengisahkan tentang kejayaan perang Arjuna Kartawirya atau Arjuna Sasrabahu (raja Maespati) atas Dasamuka atau Rahwana (raja Alengka) itu juga mengandung ajaran luhur yang berkaitan dengan kebijakan manusia.

Kakawin Arjunawijaya yang digubah oleh Mpu Tantular itu mendapatkan perlindungan Ranamanggala (1379). Terdapat empat kisah yang diceritakan di dalam Kakawin Arjunawijaya, yakni: lahirnya putra-putri Begawan Wisrawa — Dasamuka, Kumbakarna, Sarpakenaka, dan Wibisana; kejayaan perang Rahwana terhadap raja-raja bawahan Arjuna Kartawirya; gugurnya Patih Suwanda; dan kejayaan perang Arjuna Kartawirya terhadap Rahwana. Sumber cerita Kakawin Arjunawijaya adalah Kitab Uttarakandha yang dikisahkan dengan menggunakan bahasa Jawa kuna.

Di dalam kakawin tersebut, terdapat kisah yang berkaitan dengan Dzat Abadi yang disembah dengan aneka nama dan tata cara, khususnya bagi umat agama Siwa-Buddha. Di dalam Kakawin Arjunawijaya dikisahkan bahwa Arjuna Kartawirya datang ke asrama agama Siwa-Buddha. Pendeta yang tinggal di sana memberikan peringatan kepada Arjuna Kartawirya supaya selalu memelihara candi-candi yang telah ada atau yang telah rusak, karena tidak mendapatkan perhatian, khususnya ketika Majapahit perang.

Source kompasiana.com kompasiana.com/achmadeswa/5a9c9885caf7db223f536152/mendedah-ajaran-kakawin-arjunawijaya
Comments
Loading...