wayangku.id

Sumber Cerita Wayang : Cerita Wahyu (Membangun)

0 47

Sesuai dengan ajaran yang berlaku dalam tata kehidupan masyarakat Jawa, bahwa fungsi wahyu adalah sebagai sarana untuk membangun. Wahyu untuk membangun fisik negara, tata tertib, rumah tangga, membangun moral, jiwa, rohani, dan budi pekerti. Wahyu sangat terkait dengan ajaran agama, karena merupakan anugrah Tuhan kepada umat yang berkenan kepadaNya, dan siapakah umat yang diperkenankanNya? Pertanyaan itu dalam tata kehidupan masyarakat Jawa tergambar melalui pertunjukan wayang dengan lakon Wahyu.

Siapa umat yang akan menjadi pemilik Wahyu, tentu perlu diamati. Ada beberapa contoh lakon Wahyu dalam pewayangan di antaranya Wahyu Cakraningrat, Wahyu Purbasejati, Wahyu Makutha Rama, Wahyu Senapati. Akan tetapi masih banyak lakon atau cerita wahyu selain ke -4 contoh di atas dan cerita wahyu tersebut dikarang oleh para dalang sendiri yang judulnya sangat menarik para konsumen, misalnya Wahyu Pangayoman, Wahyu Pancasila, Wahyu Pancajasmani, Wahyu Toh Jali dan lain-lainnya.

Empat lakon wahyu tersebut di atas, tidak begitu populer di kalangan dalang mungkin hanya satu atau dua dalang saja yang mengetahuinya, apalagi dimata penggemarnya. Empat wahyu ini tidak bisa terendus penggemar sebab tidak terbukukan. Lagi-lagi sangat dimungkinkan bahwa penciptaan lakon keempat wahyu ini terasa hanya sebuah improvisasi, karena memang sedang dalam kondisi model lakon wahyu maka sulit dikenal. Namun demikian bukan berarti empat wahyu.

Source bukusekolahdigital.com bsd.pendidikan.id/data/SMK_10/Pedalangan_Jilid_1_Kelas_10_Supriyono_dkk_2008.pdf
Comments
Loading...