Sumber Cerita Wayang : Dasamuka (Rahwana) Lahir

0 131

Di negara Sela Gringging, Prabu Sumangli atau Mangliraja sedang dihadap patih Maeluncana dan para punggawa, wadyabala, dan putranya yang bernama Raden Prahasta dan Raden Jambumangli atau Jalma Mantri. Sedang membicarakan putra sulung Prabu Mangliraja yang bernama Dewi Sukesi, sudah dilamar oleh Prabu Citrabaya raja dari kerajaan Sunggela, mau dijodohkan dengan putra Prabu Citrabaya yang kedua bernama Raden Daneswara Bupati Tandawaru.

Sedangkan putra Prabu Citrabaya yang pertama menjadi raja di kerajaan Sunggela bergelar Prabu Misrahwana. Prabu Citrabaya sendiri saudara sepupu Prabu Mangliraja dan masih saudara tua. Prabu Mangliraja juga sedang susah sebab memikirkan adiknya yang bernama Raden Mangliawan Bupati Indrapuri yang sedang sakit parah. Beberapa pendeta dan ahli pengobatan yang sudah didatangkan untuk menyembuhkan Raden Mangliawan, tetapi semua tabib dan ahli pengobatan itu belum bisa menyembuhkan Raden Mangliawan.

Prabu Mangliraja lalu memutuskan untuk membubarkan pasewakan, sedangkan Prabu Mangliraja beserta para punggawa pergi ke kadipaten Indrapuri menjenguk Raden Mangliawan. Sesampainya di kadipaten Indrapuri Prabu Mangliraja melihat adiknya yang sedang sakit terkulai lemas. Prabu Mangliraja merasa kasihan dan bersedih sehingga tidak terasa Prabu Mangliraja meneteskan air mata. Karena sangat cintanya terhadap adiknya, Prabu Mangliraja lalu bersabda, tidak pagi tidak sore kalau Raden Mangliawan sembuh, akan dijadikan raja di negara Sela Gringging, Mangliraja bersedia.

Source bukusekolahdigital.com bsd.pendidikan.id/data/SMK_10/Pedalangan_Jilid_1_Kelas_10_Supriyono_dkk_2008.pdf
Comments
Loading...