wayangku.id

Sumber Cerita Wayang : Dewabrata Lahir ke Dunia

0 61

Prabu Sentanu sedang bersedih karena ditinggal mati oleh Dewi istrinya yaitu Dewi Sancanawulan yang meninggal dunia disaat melahirkan putranya yang di beri nama Raden Dewabrata. Negara Ngastina untuk sementara waktu diserahkan ke Patih Dasabahu, sedangkan Prabu Sentanu akan segera keluar istana untuk menghibur diri sambil mengasuh Raden Dewabrata yang selalu menangis minta disusui ibunya. Prabu Sentanu segera menggendong Raden Dewabrata meninggalkan negara Ngastina, diperjalanan Raden Dewabrata selalu menangis minta disusui, dia berhenti menangis hanya sewaktu tidur, setelah bangun Raden Dewabrata menangis lagi.

Dalam kesedihannya melihat Raden Dewabrata itu, Prabu Sentanu berkata dalam hati, bahwa siapa saja putri yang dapat menghentikan tangis Raden Dewabrata dan dapat memberikan air susunya untuk membesarkan Raden Dewabrata, maka ia rela memberikan negara Ngastina kepada putri tersebut sebagai gantinya. Dalam perjalanan sambil melamun itu, Prabu Sentanu berpapasan dengan Dewi Ambarwati yang sedang dalam perjalanan menuju ke Pertapaan Rahtawu.

Dewi Ambarwati setelah mendengar ada anak sedang menangis, teringatlah ia pada Raden Kresna Dipayana. Anak tersebut dihampirinya, kebetulan payudara Dewi Ambarwati sedang sangat sakit dan harus dikeluarkan air susunya, segeralah Raden Dewabrata yang berada dalam gendongan Prabu Sentanu diminta lalu digendong dan disusuinya. Raden Dewabrata menyusu Dewi Ambarwati dengan lahap, karena telah sekian lama mengharapkan air susu ibu.

Source bukusekolahdigital.com bsd.pendidikan.id/data/SMK_10/Pedalangan_Jilid_1_Kelas_10_Supriyono_dkk_2008.pdf
Comments
Loading...