wayangku.id

Sumber Cerita Wayang : Juru Ruwat (Kandhabhuwana)

0 30

Sebagai materi yang kedua adalah seorang dalang memiliki sebutan Kandhabhuwana. Ia yang akan melakonkan atau menceritakan ruwatan sebagai apa yang dimaksud oleh si penanggap. Ia seorang dalang yang akan mengkandhakan tentang ruwatan agar para penanggap, anak yang diruwat beserta para penonton menjadi jelas dan gamblang dalam memahami lakon. Mengapa harus dalang Kandhabhuwana? Sebelum berlanjut, perlu dipahami dulu tentang arti daripada kata-kata Dalang, Kandha dan Bhuwana.

Dalang adalah seorang empu, pakar, ahli lakon, Kandha berarti omong, crita (bertutur), Bhuwana berarti jagad/dunia. Jadi Dalang Kandhabhuwana adalah seorang empu atau pakar yang sangat ahli bertutur (ajaran) tentang dunia yaitu hakikat kehidupan. Jadi pertanyaanya

mengapa harus dalang Kandhabhuwana

Sudah terjawab, sebab hanya dalang Kandhabhuwana-lah yang ahli bertutur tentang hakikat kehidupan. Namun demikian masih saja ada pertanyaan tentang siapa dalang Kandhabhuwana itu? Nama Kandhabhuwana memang sebuah nama yang tidak terang-terangan nama yang disembunyikan (Nami Singlon), Dikisahkan bahwa Kehadiran Hyang Narada di padepokan Nguntaralaya bertemu dengan Wisnu dan Brahma. Dia memberitahu kepada mereka berdua, bahwa permintaan makanan Batara Kala, semua dikabulkan.

Sekarang anda berdua dengan saya, atas perintah Hyang Jagad Giri Nata harus turun ke dunia

Ketiganya tidak menolak tugas itu, kemudian mereka turun ke dunia dengan berganti wujud, Batara Narada berubah menjadi seorang tukang Kalunglungan. 

Source bukusekolahdigital.com bsd.pendidikan.id/data/SMK_10/Pedalangan_Jilid_1_Kelas_10_Supriyono_dkk_2008.pdf
Comments
Loading...