Sumber Cerita Wayang : Kanda (Serat Kandha), Yasan

0 209

Adapun kitab-kitab yang membuat sumber cerita pedalangan adalah sebagai berikut:

Kanda
serat kandha
yasan jaman Kartasura, disini mulai membaur cerita Hindu, Jawi dan Islam

Serat kandha diciptakan pada zaman Kartasura awal, seangkatan dengan Serat Manikmaya dan Serat Ambiya. Serat Kandha menggabungkan unsur hindu, islam, dan jawa. Terdapat kisah para nabi yang dikemas ala Jawa dan Serat Kandha itulah yang selama ini populer dikalangan masyarakat Jawa, bahkan pernah juga diajarkan disebagian sekolah dasar dimasa lalu. Secara garis besar, cerita itu boleh dibilang menunjukkan kemenangan Islam dalam perkembangan dari zaman Hindu-Budha.

Dalam penjelasan J.J.Rass, Serat Kandha merupakan jenis sastra yang muncul pada zaman pesisir yakni  pada zaman antara dua kerajaan besar, Majapahit dan Mataram pada sekitar abad ke-16. Pigeaud memberikan keterangan bahwa Serat Kandha berisi tentang sejarah universal yang diciptakan oleh kebudayaan pesisir Jawa Tengah. Pada jaman pesisir inilah dikatakan bahwa kebudayaan jawa mengalami pembaruan. Serat Kandha ini diperinci lebih jelas lagi dalam Serat Kandhaning Purwa atau buku wayang purwa.

Melalui nama inilah, dapat ditunjukan bentuk hubungan antara sejarah umum dengan pertunjukan wayang. Dapat dimungkinkan bahwa pengarang Serat Kandha dan dalang pertunjukan wayang menggunakan modal tradisi yang sama untuk menyinggung mengenai sejarah epik dan hal yang bersifat mitos. Pada zaman Mataram, penting.

Source pituturjawa.blogspot.com pituturjawa.blogspot.com/2014/06/serat-kandha-vs-serat-pustka-raja-purwa.html
Comments
Loading...