Sumber Cerita Wayang : Kresnayana, Zaman Kediri

0 241

Adapun kitab-kitab yang membuat sumber cerita pedalangan adalah sebagai berikut:

Kresnayana
Zaman Kediri 1104 M di dalam seni pedalangan menjadi cerita Kresnakembang

Dalam kakawin Kresnayana, dinyatakan bahwa ibu dari Rukmini adalah adik dari Kunti dan Basudewa. Sehingga hubungan antara Kresna dan Dewi Rukmini sama dengan raja Wisnuwardhana dengan Nararya Waninghyun yaitu sepupu. Saat itu, dikisahkan bahwa Dewi Rukmini telah bertunangan dengan seorang raja dari negeri Cedi. Ia merupakan keponakan dari Jarasandha yang memerintah negeri Karawira. Permasalahannya adalah ibu Dewi Rukmini tak setuju dengan pertunangan itu.

Ibu Dewi Rukmini lebih menginginkan Kresna untuk menjadi menantunya. Untuk itu, ibu Dewi Rukmini mengutus dayangnya supaya memberitahukan maksudnya kepada Kresna. Mengetahui hal tersebut, Kresna pun menyetujui keinginan ibu dari Dewi Rukmini tersebut. Lalu, Kresna mencari cara bagaimana bisa bertemu dengan Dewi Rukmini. Akhirnya ia memutuskan untuk datang dengan ditemani beberapa abdi kepercayaannya. Selanjutnya, mengutus seorang untuk mengundang Dewi Rukmini ke sebuah balai di dekat keraton di Kundini.

Untuk menjalankan aksinya, Kresna dibantu oleh Baladewa. Juga Megadhwaja, seorang brahmin muda yang ikut bersamanya. Megadhwaja lah yang terus memperingatkan Kresna untuk tidak membuang waktu percuma. Mengingat kedatangan raja Cedi ke Kundini semakin dekat. Yang mana hal itu berarti waktu pernikahan raja Cedi dan Dewi Rukmini semakin dekat.

Source ngalam.co ngalam.co/2017/02/20/cerita-dalam-relief-kresnayana-di-candi-jago
Comments
Loading...