Sumber Cerita Wayang : Mahabharata Ramayana

0 335

Meskipun sebagian besar bangsa Indonesia sering mengatakan bahwa wayang asli berasal dari Jawa / Indonesia, namun harus dijelaskan mengenai apa cerita wayang itu dan mengapa selalu mengambil kisah Mahabharata dan Ramayana? Pada abad ke-4 orang Hindu datang ke Indonesia, terutama para pedagang yang membawa ajaran Vedas dan epik cerita besar India Mahabharata dan Ramayana dalam bahasa Sanskerta. Pada abad ke-9 kemudian diadaptasi ke dalam bahasa Jawa kuno.

Pada dasarnya sumber cerita yang  berasal dari India tersebut  bersumber dari epic Mahabharata yang ditulis oleh Viyasa dan Epic Ramayana yang ditulis oleh Walmiki. Cerita wayang  tidak hanya dipertunjukan di Indonesia, tetapi juga di berbagai wilayah Asia Tenggara (Kamboja, Thailand, Malaysia) yang umumnya juga menggunakan sumber epik Ramayana dan Mahabharata dari India. Ceritanya wayang di berbagai wilayah terintegrasi dan disesuaikan dengan cerita rakyat lokal atau dongeng.

Source id.indonesian-stuff.barlians.com id.indonesian-stuff.barlians.com/2012/05/24/wayang-stories-from-the-epic-of-mahabharata-and-ramayana
Comments
Loading...