Sumber Cerita Wayang : Peperangan Rebut Negara

0 87

Seperti lakon wayang pada umumnya bahwa lakon rebut negara tentu disajikan berupa peperangan yang sengit. Dalam kitab Mahabharata peperangan itu disebut “Mahabharatayuda” yaitu peperangan besar antara keluarga Bharata. Namun ada perang rebut negara yang lingkupnya masih kecil, belum bisa disebut sebagai perang agung atau maha yuda atau perang jaya. Dalam peperangan itu masih dalam tingkat rebutan batas (rebut wates atau rebut kikis).

Perang ini tidak atau bukan tergolong Bharatayuda, sebab memang belum ada yang mati. Perang rebut batas itu masih terbatas antara keluarga satu dengan keluarga yang lain. Cerita masih tergolong kitab Asthadasaparwa, tetapi belum mempengaruhi negara lain atau rumah tangga lain. Perang itu disebut rebut kikis. Yang sudah jelas diketahui oleh umum orang Jawa khususnya, lakon rebut negara yang dinamakan Bharatayuda karang Empu Sedah dan Empu Panuluh yang menceritakan perangnya wangsa besar Bharata.

Kedua Empu ini menyadur dari Mahabharata karangan Maharsi Wiyasa (Viyasa, Abhiyasa). Isi pokok lakon Bharatayuda baik yang masih berupa sumber Mahabharata maupun yang berupa saduran adalah pertikaian dua kubu Pandawa dan Kurawa yang berebut negara Hastina peninggalan leluhurnya. Perebutan negara ini menjadikan salah satu kubu yang bertikai yaitu pada kubu Kurawa habis dan mati. Bagi kehidupan masyarakat Jawa yang agraris lakon Bharatayuda itu nampaknya dianggap kurang.

Source bukusekolahdigital.com bsd.pendidikan.id/data/SMK_10/Pedalangan_Jilid_1_Kelas_10_Supriyono_dkk_2008.pdf
Comments
Loading...