Sumber Cerita Wayang : Prastanikaparwa, Pandawa

0 188

Adapun kitab-kitab yang membuat sumber cerita pedalangan adalah sebagai berikut:

Prastanikaparwa
cerita Pandawa Puterpuja

Kitab Prasthanikaparwa merupakan kitab ketujuh belas dari seri Astadasaparwa. Setelah Dinasti Yadu musnah, meninggalnya BalaRama dan Krishna serta tenggelamnya kota Dwaraka Arjuna menemui kakeknya, yaitu Resi Byasa menceritakan semua yang terjadi. Byasa menyatakan bahwa tugas-tugas mereka telah berjalan dengan baik. Semua ada waktunya dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk menarik diri dari segalanya. Atas nasihat beliau, para Pandawa serta Dropadi memutuskan untuk meninggalkan kehidupan duniawi melakukan perjalanan spritual melepas jiwa dengan Yoga.

Kitab ini menceritakan kisah Pandawa dan Dropadi yang mengundurkan diri dari pemerintahan dan menjauhkan diri dari kehidupan duniawi. Mereka menyerahkan tahta kepada Parikesit, satu-satunya keturunan mereka yang selamat dari perang Bharatayuddha. Para Pandawa beserta Dropadi kemudian menjalankan puasa, menyiapkan tekad, menghadap ke timur melakukan Yoga, menutup semua Indera mencapai keheningnan kemudian dengan jiwa mereka melakukan perjalanan suci.

Mereka berjalan secara berurutan yang di pimpin oleh Yudistira hingga terakhir Droupadi melesat melewati banyak negara, sungai dan Laut. Ketika melewati di sebuah Hutan, muncul jiwa seekor anjing yang ikut berjalan mengikuti bersama mereka. Sampailah mereka di laut dengan air berwarna merah. Kemudian mereka dihadang oleh Dewa yang sangat besar, yaitu Agni pemilik 7 Api. Ia meminta.

Source anothermahabharata.wordpress.com anothermahabharata.wordpress.com/2010/11/22/mahabharata-17-prasthanikaparwa
Comments
Loading...