Sumber Cerita Wayang : Pustakarajapurwa, Ranggawarsito

0 455

Adapun kitab-kitab yang membuat sumber cerita pedalangan adalah sebagai berikut:

Pustakarajapurwa
karangan Ki Ng. Rangawarsito memuat cerita wayang

Pustaka raja purwa adalah kumpulan cerita yang dipakai sebagai acuan oleh para dhalang dalam pertunjukan wayang kulit di pulau Jawa. Kumpulan cerita ini dikumpulkan dan dinyatakan secara tertulis oleh pujangga Keraton Surakarta yaitu Raden Ngabehi Rangga Warsita. Walaupun sumber cerita dari pustaka raja purwa ini berasal dari Mahabarata dan Ramayana dari India, namun beberapa isi detailnya telah disesuaikan dengan keadaan di pulau Jawa pada waktu itu.

Beberapa modifikasi cerita ini misalnya Dewi Drupadi dalam cerita aslinya adalah istri dari kelima saudara Pendawa, tetapi dalam pustaka raja purwa ia hanya dinyatakan sebagai istri dari saudara tertua Pandawa yaitu Puntadewa (Yudistira). Hal ini untuk menghindari kemungkinan timbulnya konflik sosial, karena seorang wanita tidak bisa mempunyai 5 orang suami. Hal ini penting karena di pulau Jawa, cerita wayang dipakai sebagai petuah, contoh dan pedoman hidup kebanyakan masyarakat pada waktu itu.

Judul lakon cerita dalam pustaka raja purwa ini ada lebih dari 177 lakon (lampahan) dan di antaranya adalah (dalam bahasa Jawa):
1. Manikmaya, yaitu cerita mengenai Manik (Bathara Guru di kahyangan) dan Ismaya (Semar di alam marcapada atau dunia).
2. Watugunung, yaitu cerita mengenai Raden Buduk dari kerajaan Gilingwesi.

Source sains.kompas.com sains.kompas.com/read/2011/12/02/16485469/Krakatau.dalam.Kitab.Raja.Purwa
Comments
Loading...