Sumber Cerita Wayang : Serat Sastramiruda, Dalang

0 192
Serat Sastramiruda
Bagi peminat pedalangan wayang kulit purwa Jawa membaca buku tuntunan pedalangan merupakan suatu keasyikan tersendiri, sekalian menambah pengetahuan tentang wayang purwa. Ada satu buku lama yang dianggap lengkap urai pengetahuan mendalang sekaligus menguraikan hal lain berkaitan dengan wayang. Buku tersebut berjudul “Serat Sastramiruda“. Kapan tepatnya buku tersebut pertama kali terbit tidak diketahui, menilik dari nama yang disebut dalam buku tersebut, diperkirakan buku tersebut pertama kali terbit pada kisaran tahun 1863 ~ 1893 Masehi.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam rangka Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah pada tahun 1981 pernah mengalih aksarakan (oleh Sudibjo Z. Hadisutjipto) dan mengalihbahasakan (oleh Kamajaya) buku ini. Terbitan ini oleh Departemen P dan K disebarkan secara gratis, beserta buku-buku lain dalam proyek yang sama, ke perpustakaan-perpustakaan Departemen P &K di daerah maupun di sekolah-sekolah.P Kamajaya (nama lengkapnya adalah almarhum Karkono Kamajaya, seorang budayawan di Yogyakarta yang aktif menggali kembali falsafah dan budaya Jawa) sebagai pengalih bahasa menuliskan keterangan singkat mengenai buku tersebut sbb:
Serat Sastramiruda dan alih bahasa nya. “Serat Sastramiruda“ adalah sebuah karya sastra Jawa berhuruf Jawa dalam bentuk wawancara antara guru ahli Pedalangan Wayang Purwa dan muridnya. Sang Guru ialah Kanjeng Pangeran Arya Kusumadilaga, dan muridnya, Mas Sastramiruda. Nama murid ini diambil menjadi judul.
Source Scribd scribd.com/doc/313512607/SUMBER-CERITA-WAYANG-pdf
Comments
Loading...