Sumber Cerita Wayang : Sudamala, Cerita Ruwatan

0 244

Adapun kitab-kitab yang membuat sumber cerita pedalangan adalah sebagai berikut:

Sudamala
tergolong cerita ruwatan

Sudamala adalah sebuah teks Jawa tengahan yang kurang lebih berasal dari abad XVII M. Menurut Prof. Zoetmulder, penuturan lisan berperan penting dalam sejarah teks ini dalam artian sebelum terbentuk menjadi teks atau naskah, cerita ini lebih dulu dikenal melalui tutur lisan. Teks Sudamala dalam bentuk relief juga dijumpai dalam beberapa candi misalnya candi Tegowangi di Kediri, candi Sukuh, dan candi Ceto. Berikut sedikit ikhtisar (ringkasan) dari cerita Sudamala.

Cerita berawal dari asal-usul dewi Durga yang merupakan perwujudan dewi Uma setelah dikutuk dewa Siwa karena berbuat selingkuh sehingga ia menjadi berwujud raksasi dan tinggal di istana Gandamayu (Gondomayit). Dewa Siwa (Bathara Guru) berjanji bahwa Durga baru bisa lepas dari kutukannya setelah 12 tahun oleh Sadewa, Pandawa termuda dengan bantuan Bathara Guru. Babak berikutnya menceritakan asal-usul dari 2 bidadara yang dikutuk oleh Siwa karena mengintip Siwa dengan istrinya yang sedang bercengkrama, mereka menjadi raksasa yang disebut Kalantaka dan Kalanjaya yang nantinya akan berperang melawan Bima dan Pandawa yang pada akhirnya akan dikalahkan oleh Sadewa (Sudamala). Babak selanjutnya menceritakan tentang usaha Durga yang ingin bertemu dengan Sadewa karena ingin terbebas dari kutukannya, dia menemui Kunti, ibu para pandawa agar menyerahkan anaknya.

Source kompasiana.com kompasiana.com/yogipradana/cerita-sudamala-ajaran-hakekat-kebenaran-dan-penyucian-diri_593d5b0607ed6e1d1a2bfd12
Comments
Loading...