Sumber Cerita Wayang : Wahyu Kraton Cakraningrat

0 104

Banyak tokoh ingin meraih dan memiliki wahyu kraton yang akan diturunkan oleh dewa yang disebut Wahyu Cakraningrat. Menurut para pujangga, barang siapa memiliki Wahyu Cakaraningrat dialah yang akan menurunkan raja-raja terkenal. Tokoh-tokoh bangsawan seperti anak raja, anak satriya, anak patih, sampai anak pendeta, semua ingin memiliki Wahyu Cakraningrat yang bisa menurunkan raja besar. Mereka-mereka itu seperti Raden Lasmana Mandrakumara putra mahkota kerajaan Astina yang dipersiapkan sebagai pengganti ramanda Prabu Duryudana.

Saingan beratnya adalah Raden Samba putra mahkota kerajaan Dwarawati anaknya Prabu Sri Batara Kresna. Sedangkan yang lainnya adalah putra Raden Arjuna yang bernama Raden Angkawijaya. Dan tentu masih ada seseorang tokoh yang ingin memiliki wahyu kraton ini. Barang siapa memiliki Wahyu Cakraningrat maka dialah yang akan menurunkan raja besar. Dalam cerita Wahyu Cakraningrat sedikitnya ada tiga tokoh yang ingin memiliki wahyu tersebut.

Ketiga bangsawan ini termasuk generasi penerus yang memiliki karakter berbeda-beda. Para penonton di saat melihat pagelaran wayang dengan lakon Wahyu Cakraningrat, nampak tertegun pada sajian ki dalang sejak dari awal. Hal tersebut terbukti saat adegan jejer negara Hastina sang Prabu Duryudana sedang dihadap para punggawa (nayaka), dan munculnya putra mahkota Raden Lasmana Mandrakumar yang sikap dan bicaranya sangat menggelitik hati penonton. Raden Lasmana Mandrakumara ingin memiliki Wahyu Cakraningrat.

Source bukusekolahdigital.com bsd.pendidikan.id/data/SMK_10/Pedalangan_Jilid_1_Kelas_10_Supriyono_dkk_2008.pdf
Comments
Loading...