Swargaloka : Tentang Swargaloka, Lahir di Yogyakarta

0 355

Swargaloka ini lahir di Yogyakarta pada tanggal 17 juni 1993 dengan tujuan untuk mewadahi aktivitas para seniman alumni perguruan tinggi seni. Swargaloka pada tahun 1997 hijrah ke Jakarta dan mendirikan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM). Swargaloka adalah anggota Himpunan Seni Budaya Bangsa Indonesia (HISBI) yang dibina oleh Bapak Dr. Ir. Erman Suparno, MBA, Msi. Pada tahun 2009  Swargaloka mendirikan yayasan yang kemudian pada tahun 2012 malahirkan lembaga kursus seni yang terdaftar di suku dinas pendidikan Jakarta Timur.

Berbagai kegiatan berskala nasional maupun internasional telah diselenggarakan dan diikuti oleh swargaloka antara lain ; pergelaran seni budaya nusantara dalam rangka peringatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) di Plaza Depdiknas Senayan, Pergelaran seni dalam rangka peringatan HUT RI ke 54 di Negara Rusia, pergelaran sendratari Ramayana di negara India dan lain – lain. Lembaga kursus swargaloka kini mempunyai 100 siswa dengan materi pembelajaran seni tari, seni teater, seni musik dan pengtahuan budi pekerti melalui tembang.

Pada tahun 2008 swargaloka bersama Senawangi, Pepadi dan Pengelola Gedung Wayang Kautaman merintis progam Teater Wayang Indonesia. Secara terprogam Swargaloka mementaskan The Indonesian Opera Drama Wayang Swargaloka dan kini telah berhasil mementaskan 27 lakon. Semua kegiatan ini menjadi bagian dari upaya melestarikan dan mengembangkan kesenian tradisional sekaligus membantu mewadahi kreativitas para seniman dan mencarikan sarana untuk menyejahterakan para seniman tradisional. 

Source artswargaloka.wixsite.com artswargaloka.wixsite.com/home/swargaloka
Comments
Loading...