Tata Panggung Wayang : Bagian Gedebog Wayang

0 262

Bagian tersebut dibagi menjadi enam bagian sesuai dengan fungsinya. Berikut bagian tersebut serta fungsinya, dan tokoh-tokoh yang berhak menempatinya. Siti inggil tengen adalah gedebog bagian atas di sisi kanan. Adapun aturan tempat atau pembagian tempat yang berhubungan dengan siapa saja tokoh yang layak dan pantas serta berhak untuk menempati siti inggil tengen adalah raja. Siti inggil kiwa adalah gedebog bagian atas di sisi kiri. Adapun aturan tempat atau pembagian tempat yang berhubungan dengan siapa saja tokoh yang layak dan pantas serta berhak untuk menempati siti inggil kiri adalah tamu.

Siti inggil tengah adalah gedebog bagian atas di tengah atau tepat di depan dalang. Adapun aturan tempat atau pembagian tempat yang berhubungan dengan siapa saja tokoh yang layak dan pantas serta berhak untuk menempati siti inggil tengah adalah wayang yang keluar sendiri. Paseban tengen adalah gedebog bagian bawah di sisi kanan. Adapun aturan tempat atau pembagian tempat yang berhubungan dengan siapa saja tokoh yang layak dan pantas serta berhak untuk menempati paseban tengen adalah emban.

Paseban kiwa adalah gedebog bagian bawah di sisi kiri. Adapun aturan tempat atau pembagian prajurit. Paseban tengah adalah gedebog bagian bawah di tengah atau tepat di depan dalang (wayang dalam keadaan sedih yang menancapnya hanya sebentar).

Source bukusekolahdigital.com bsd.pendidikan.id/data/SMK_11/Pedalangan_Jilid_2_Kelas_11_Supriyono_dkk_2008.pdf
Comments
Loading...