Tata Panggung Wayang : Eblek, Tempat Menata Wayang

0 408

Yang dimaksud eblek adalah tempat untuk menata wayang, baik wayang yang akan dimainkan atau wayang yang berada di dalam kotak. Eblek terbuat dari anyaman bambu, pada tepi anyaman diberi penguat agar tidak kendor (di plipit = penguat tepi). Setelah eblek jadi, maka di beri sarung dari kain yang sesuai ukuran eblek, dengan tujuan agar lebih rapi dan tidak mengganggu pada saat menaruh wayang, sehingga wayang-pun juga aman dan tidak rusak. Ukuran eblek di sesuaikan dengan ukuran kotak wayang bagian sisi dalam.

Tebal eblek + 5 cm. Di samping sebagai tempat untuk menata wayang, eblek juga berfungsi sebagai tempat untuk memilah-milahkan jenis wayang. Sehingga dalam satu kotak wayang + ada lima hingga delapan eblek. Setelah kotak bersih lalu diberi alas kertas yang tebal atau karton, lalu diberi laring burung merak atau kapur barus sebagai pengusir hewan merayap. Kalau sudah baik lalu ditumpangi eblek, eblek adalah alas wayang untuk pembatas agar wayangnya bisa baik penataannya.

Eblek itu dibuat dari deling tipis dan halus lalu dianyam yang lembut, lalu dibungkus kain atau mori putih. Itulah yang disebut eblek, alat pembatas untuk menata wayang. Pemasangan eblek dasar yang paling bawah diatur jangan sampai tidak seimbang, (bawah atas) agar kalau ditumpuk dengan wayang yang lain jangan sampai mulai bergeser.

Source bukusekolahdigital.com bsd.pendidikan.id/data/SMK_11/Pedalangan_Jilid_2_Kelas_11_Supriyono_dkk_2008.pdf
Comments
Loading...