Tatah Wayang : Pilihan Bahan Baku (Kulit Kerbau)

0 302

Kulit kerbau adalah kulit yang paling lazim digunakan untuk pembuatan wayang di Jawa. Kulit kerbau dipilih, karena memiliki karakteristik keuletan dan tingkat kepadatan paling tinggi, sehingga bila diolah menjadi wayang akan lebih lempang, tahan lama dan cenderung kuat, terlebih bila ditatah dengan pola-pola yang rumit dan padat seperti limaran atau seritan yang hanya meninggalkan sedikit sisa pahatan yang tipis dan rawan. Menurut buku-buku yang saya baca, jenis kulit kerbau yang terbaik adalah kerbau jaka, atau jemaka, yang artinya baru saja beranjak dewasa, karena hasilnya bening dan mudah ditatah, tidak keras.

Sementara ada juga yang mengatakan kalau kulit kerbau yang terbaik adalah yang menderita penyakit kulit (gudig). Menurut pandangan ini, kerbau yang menderita penyakit kulit ini, kandungan lemaknya akan lebih rendah dibanding yang tidak. Sementara pada realitanya para penatah ada juga yang menyukai kulit kerbau dewasa, bahkan ada yang menghindari kulit kerbau berpenyakit, karena bekas penyakit itu dapat menyebabkan kulit kerbau berlubang atau menggelombang.

Plus-Minusnya:
Plus: Hasil baik, mudah perawatannya, tahan cuaca, gampang ditambal bila terjadi kerusakan
Minus: Harga mahal karena sekarang agak sulit ditemui di beberapa daerah

Source wayangpustaka.wordpress.com wayangpustaka.wordpress.com/2010/08/13/langkah-langkah-menatah-wayang-jilid-i-bagaimana-memilih-kulit-tulisan-rudy-wiratama-partohardono
Comments
Loading...