Tempat Wayang : Candramuka, Gunung Diobrak-abrik

0 154

Candramuka, gunung yang diobrak-abrik oleh Bima saat ksatria bertubuh tinggi besar itu mencari Tirta Perwitasari sesuai dengan petunjuk Begawan Drona. Ternyata, air kehidupan yang ia cari tidak ada di gunung itu. Dalam usahanya mencari air suci itu Bima mendapat halangan dari dua raksasa sakti, yakni Rukmuka dan Rukmakala, yang ternyata penjelmaan dari Batara Endra dan Batara Bayu. Kedua dewa itu ditugasi Batara Guru untuk menguji tekad Bima dalam mengejar cita-citanya.

Pada Gunung Candramuka, yang kadang kala disebut Reksamuka, terdapat Gua Dorangga. Di gua itulah tempat beradanya Kayu Gung Susuhing Anginyang juga harus ditemukan Bima. Pertemuan mereka dengan Bima merupakan akhir dari sengsara yang mereka derita. Sebagai tanda terimakasih, kedua dewa tersebut memberi pesan agar Bima kembali ke Hastina. Di tempat ini tidak ada air suci. Ini adalah tempat penggodokan untuk menuju kesucian.

Bima pun menaati pesan tersebut dan segera kembali ke Astina. Di Astina Bima menemui pendeta Durna yang sedang dihadap oleh para Korawa. Mereka terkejut melihat kedatangan Bima. Semua yang hadir menyambut kedatangan Bima dengan ramah. Pendeta Durna menanyakan hasil kepergian Bima. Bima menjawab bahwa ia tidak menemukan air suci di Hutan Tikbrasara maupun di Gunung Candramuka. Ia hanya menemukan dua raksasa dan sekarang telah mati dibunuh Bima.

Source wayangindonesia.web.id wayangindonesia.web.id/candramuka.wayang#more-206
Comments
Loading...