Unsur Pakeliran : Musik, Aspek Iringan Wayang Orang

0 8

Dalam perkembangan aspek iringan wayang orang yang ada di Surabaya, tampaknya tidak mengalami perubahan yang berarti. Pola garapan iringan masih mengacu pada sistem pathet dengan pola gending lancaran, ketawang, ladrang, srepegan, sampak, ayak-ayakan, yang telah divariasi dengan suara vokal yang berupa tembang atau gerongan. Sesuai dengan fungsi musik wayang orang mempunyai peran penting sebagai unsur pendukung yang saling mengisi, penataan gending atau musiknya telah disesuaikan dengan kebutuhan dalam adegan yang disajikan.

Dalam pertunjukan Wayang Orang THR, Tribuana, dan Mutika Yuastina menggunakan iringan musik gamelan. Gamelan yang digunakan dalam wayang orang sama dengan gamelan yang digunakan dalam wayang kulit lengkap berlaras pelog dan slendro.

Source jurnalmahasiswa.unesa.ac.id jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/11981/11181
Comments
Loading...