Unsur Pakeliran : Vokal, Unsur yang Amat Dominan

0 88

Unsur vokal sangat mendominasi dalam mengkomunikasikan isi adegan maupun keseluruhan cerita kepada penonton. Vokal merupakan suara yang dikeluarkan dengan ciri khas dari pita suara masing-masing sehingga menimbulkan bunyi. Perbedaan tokoh atau permasalahan dari cerita dapat diketahui lewat unsur vokal ini. Pada dasarnya unsur-unsur vokal dalam pertunjukan Wayang Orang THR, Mustika Yuastina, dan Tribuana ini dipisahkan atas 3 macam, yaitu dialog atau antawecana, tembang, dan dalang.

Antawecana dalam Wayang Orang Wayang Orang THR, Mustika Yuastina, dan Tribuana menggunakan bahasa Jawa sebagai media komunikasinya. Sistem klasifikasi bahasa Jawa ini masih tampak lekat untuk memberi gambaran kehidupan masyarakat Jawa sampai pada perkembangan sekarang, meskipun kemudian cenderung mengalami kemunduran seiring dengan perkembangan zaman. Menurut penelitian yang sudah dilakukan Wayang Orang THR,  Mustika Yuastina, dan Tribuana dalam dialognya masih menggunakan Bahasa Jawa Surakarta yang halus (Jawa Tengahan) dan Bahasa Kawi.

Tembang merupakan lirik lagu yang memiliki nada yang berbahasa Jawa. Dalam wayang orang tembang biasanya merupakan dialog yang dinyanyikan atau dilagukan. Ada dua jenis tembang berdasarkan maksud ungkapannya yaitu  tembang yang digunakan untuk berdialog dan dolanan. Tembang yang digunakan untuk berdialog mempunyai makna bahwa isinya masih terkait dengan cerita pokok yang disajikan dalam pertunjukan sedangkan tembang yang digunakan untuk dolanan bahwa isinya tidak harus terikat cerita.

Source jurnalmahasiswa.unesa.ac.id jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/11981/11181
Comments
Loading...