Wayang Indonesia : AB Sadewa, Amat Suka Wayang

0 127

AB Sadewa, dari dulu saya suka wayang. Rasanya tidak pas kalau tidak belajar macapatnya, gendernya juga

tutur dia. Terlebih, lanjut Dewo, dirinya merasa hubungannya dengan budaya Jawa sempat terputus karena dilahirkan dan besar di Jakarta, serta terbiasa dengan kehidupan serba modern dan dicekoki budaya Barat.

Tidak hanya saya, banyak orang Jawa yang lahir di Jakarta dan merasa perlu menggali asal budayanya. Banyak generasi seumuran saya yang disconnect

katanya. Proses mengenal dan mencari tahu lebih jauh mengenai musik tradisional dilalui Dewo dengan cukup berkesan. Dia sampai berteman dengan pengamen- pengamen siter di Jawa. Dengan mereka, Dewo banyak mengobrol. Dan, justru dari situlah dirinya mendapat pengetahuan cara bernyanyi dengan cengkok yang benar. Bahkan, tak hanya sebatas menikmati. Dewo mulai menjajal alat-alat musik tradisional. Tak sedikit pun Dewo gengsi meski dalam memainkan alat musiknya harus menyatu dan membentuk kelompok dengan orang-orang tua.

Musik orang tua, ya mainnya dengan orang tua

kata dia, sambil bercanda. Keingintahuannya yang besar juga membawa Dewo berguru ke seorang ahli musik siter di Solo, Jawa Tengah.

Ada waktunya kalau kita sedang gila hobi, bakal dikejar. Pulang kantor Jumat sore, langsung saya berangkat naik pesawat. Sabtu paginya sudah di Solo dan langsung belajar

ujar dia, sambil tertawa. Merasa belum cukup.

Source Berita id.beritasatu.com/home/ab-sadewa-hobi-mainkan-alat-musik-jawa/67189
Comments
Loading...