Wayang Indonesia : Adinia Wirasti, Gemar Wayang

0 117

Aktris Adinia Wirasti ternyata pencinta berat wayang. Ia belajar wayang sejak tahun 2009 lewat buku, komik wayang, video, hingga menonton pertunjukan wayang kulit secara langsung. Tak heran apabila ia bisa menceritakan detail tokoh-tokoh wayang. Nomine Pemeran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 2017 itu sadar, kegemarannya akan wayang diturunkan dari kakek dan neneknya. Keduanya senang nonton wayang orang dan mendengarkan siaran wayang kulit di radio.

Setelah dewasa, Asti, demikian panggilannya, senang melakukan hal yang sama. Namun, sebenarnya keinginan belajar wayang terlecut oleh rasa malu saat ia bertemu dengan seorang warga Amerika Serikat yang tahu benar soal wayang di New York. Saat itu, ia kuliah di sana. Sepulang dari New York, ia langsung ke Solo, Jawa Tengah, untuk belajar wayang.

Dari situ aku tahu, ternyata wayang bukan sekadar bayangan, tapi dia cermin karakter manusia

ujar Asti, pekan lalu di Jakarta. Saking menjiwai para tokoh wayang, ia menangis ketika membaca buku The Darkness of Gatutkaca karya Pitoyo Amrih.

Buku itu menceritakan kematian Gatutkaca. Saat membaca bagian tertentu, air mataku bercucuran

lanjutnya. Tak hanya makin kaya pengetahuan, kecintaan terhadap wayang juga membawa Asti menjadi model produk Chanel. Video saat ia bermain wayang untuk Chanel sudah beredar di Youtube.

Source kompas.id kompas.id/baca/tokoh/nama-peristiwa/2017/11/08/gemar-nonton-wayang
Comments
Loading...