Wayang Indonesia : Apa Itu Wayang? Wayang Merupakan

0 224

Arti dari Wayang sendiri ialah merupakan sebuah seni pertunjukan yang berupa drama yang khas. Seni pertunjukan ini meliputi beberapa bagian yaitu seni suara, seni sastra, seni musik, seni tutur, seni rupa, serta seni-seni lainnya. Ada beberapa pihak yang beranggapan, bahwa sebenarnya pertunjukan wayang bukan hanya sekedar kesenian semata, akan tetapi mengandung lambang-lambang keramat yang ada di dalamnya. Sejak abad ke-19 sampai dengan sekarang, wayang telah menjadi pokok pembahasan serta dideskripsikan oleh para ahli.

Bahkan, para pakar dari berbagai disiplin ilmu sampai tidak bosan-bosannya untuk terus-menerus membahas seni pewayangan dari waktu ke waktu, karena wayang adalah wahana yang dapat memberikan pengetahuan bagi kehidupan manusia dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Nilai-nilai yang terkandung dalam seni perwayangan sendiri telah terbukti dapat dipergunakan untuk memasyarakatkan berbagai pedoman hidup yang ada, bermacam acuan norma kehidupan, bahkan juga beraneka program pemerintah yang ada di semua sektor pembangunan.

Secara Filosofis Wayang dapat diartikan juga sebagai suatu hal yang merupakan sebuah bayangan, gambaran atau lukisan yang mengisahkan hal-hal mengenai kehidupan yang ada di alam semesta. Di dalam wayang juga digambarkan bukan hanya mengenai manusia, namun juga kehidupan manusia dalam kaitannya dengan manusia lain, alam, dan juga Tuhan. Alam semesta merupakan satu kesatuan yang serasi, serta tidak lepas hal.

schoolpouringrights.com/history/pembahasan-mengenai-wayang-seni-budaya-pertunjukan-asli-indonesia

Comments
Loading...