Wayang Indonesia : Bakti BCA, Bakti Seni Wayang

0 53

Mengenalkan wayang kepada pelajar, adalah salah satu kerja besar Bakti Bank Central Asia (BCA), dalam konteks melestarikan kekayaan budaya negeri ini. Tahun 2015 ini merupakan tahun kelima, tim kreatif Bakti BCA bergerilya ke sekolah-sekolah di berbagai kota di Indonesia, untuk mengenalkan wayang kepada mereka. Tentu bukan hal yang mudah, mengingat wayang adalah dunia yang jauh dari keseharian pelajar, yang kini waktu mereka lebih banyak tersita untuk main game dengan perangkat gadget.

Ketidakmudahan itulah yang disikapi Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, sebagai tantangan sekaligus peluang. Masyarakat umum selama ini mengenal wayang dengan tiga kelompok besar: Wayang Kulit di Jawa Timur, Wayang Wong di Jawa Tengah, dan Wayang Golek di Jawa Barat. Selain itu, masih sangat banyak jenis wayang, yang diwariskan para pendahulu kita, yang secara budaya memiliki nilai-nilai luhur, yang bermanfaat bagi kehidupan kita. Sekadar menyebut contoh, antara lain, Wayang Suluh, Wayang Kancil, Wayang Calonarang, Wayang Krucil, Wayang Ajen, Wayang Sasak, Wayang Sadat, Wayang Beber, dan masih banyak wayang lainnya.

Source Kompas kompasiana.com/issonkhairul/564bdd53b19273bc04541014/wayang-bule-dan-nyanyian-cepot-jadi-gergeran-di-pentas-wayang-in-town
Comments
Loading...