Wayang Indonesia : Catatan Wayang World Puppet

0 32

Karnaval Wayang Dunia atau Wayang World Puppet Carnival (WWPC) 2013 telah memasuki hari keenam pada Jumat (6/9). Sebelumnya, event ini dibuka Wakil Presiden Indonesia, Boediono, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Senin (2/9) hingga penutupan, Minggu (8/9). Acara yang diselenggarakan setiap tahun ini bisa dibilang sukses dan mampu mengangkat kekayaan budaya Indonesia di mata internasional. Rencananya, WWPC akan mementaskan 64 pertunjukan dari 46 negara yang terbagi di tiga lokasi, Gedung Kautaman Pewayangan (TMII), Gedung Teater Usmar Ismail, Museum Nasional, Lapangan Monumen Nasional (Monas), dan Epicentrum Walk.

Sebagai penggemar wayang yang merupakan salah satu warisan tertinggi dari budaya Indonesia dan diakui secara resmi oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu, Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO). Saya beruntung di sela-sela rutinitas sehari-hari bisa menyaksikan beberapa pertunjukan WWPC bersama seorang kawan Kompasianer dalam dua hari di dua tempat berbeda. Menonton pementasan wayang kulit semalam suntuk di Monas pada Kamis, dan esoknya (Jumat) berkesempatan melihat empat pertunjukan wayang dari berbagai negara di Museum Nasional dan Monas.

Siapa yang tak mengetahui kisah Rama-Shinta dalam epos Ramayana. Selain Mahabarata yang terkenal dengan cerita perang Pandawa versus Kurawa, Ramayana merupakan salah satu cerita rakyat yang sangat populer di nusantara. Tepat pukul 20 WIB, dalang Ki Sigid Ariyanto menggelar pertunjukan di lapangan Monas dengan judul

Brubuh Ngalengka

Source kompasiana.com kompasiana.com/roelly87/55281d19f17e619c1a8b45a3/catatan-dari-wayang-world-puppet-carnival-2013
Comments
Loading...