Wayang Indonesia : Gabriel Lovre, Pengamat Seni

0 29

Bahwa Wayang memiliki nilai yang universal, tak bisa ditampik. Apresiasi terhadap Wayang tak cuma berasal dari dalam negeri semata. Kecintaan terhadap Seni Wayang juga banyak tumbuh pada non Indonesia. Salah satunya pada diri Gabriel Lovre. Pria berdarah Belgia-Perancis ini kerap terlihat di beberapa pagelaran Wayang. Termasuk rutin muncul di kursi penonton FDB yang digelar tiap tahunnya. Gabriel mengaku kepincut dengan pertunjukan Wayang yang menggunakan gamelan sebagai instrumen utamanya.

Maklum, dari sekian alat musik, Gabriel paling suka menggunakan perkusi sebagai alat musik utamanya. Melihat Wayang yang menggunakan gamelan yang notabene merupakan alat musik perkusi sebagai instrumen utamanya, adalah keajaiban baginya. Tak sampai di situ, kekagumannya terus membuncah tatkala mengikuti pertunjukan Wayang. Tak hanya semua unsur seni lengkap di sini, tapi kemempuan Dalang dalam mengatur harmoni musik seraya mengambil multi peran sebagai sutradara sekaligus filosof, menimbulkan takjub tak berujung bagi Gabriel. Apalagi yang memainkan peranan Dalang tersebut masih berusia dini seperti di FDB dan FDM Tingkat Nasional 2018 ini.

Source Festival Dalang dalangbocah.com/gabriel-lovre-pengamat-kesenian-nusantara-dan-dosen-seni-di-jakarta-wayang-memiliki-unsur-seni-yang-paling-lengkap
Comments
Loading...