Wayang Indonesia : Gairah Wayang Nasional Bangkit

0 30

Begitu ramainya dunia perpolitikan nasional takkan pernah habis jadi bahan obrolan. Tak peduli obrolan santai di warung kopi, pos kamling, hingga di dunia maya. Sebuah tokoh pewayangan tiba-tiba naik daun pamornya. Ia sedang menjadi obrolan hangat bak pisang goreng baru diangkat dari wajan.Sengkuni. Karakter wayang ini, sebelum hangat dibicarakan akhir-akhir ini, mungkin hanya sebuah kisah pilihan dalam sebuah pagelaran wayang.

Anas Urbaningrum, yang sedang dibuat gonjang-ganjing nasibnya, dipampang dan diobrolkan dimana-mana, berhasil membuat kisah tentang Sengkuni mencuat menjadi obrolan nasional. Gara-gara metafora itu, sebagian masyarakat jadi penasaran tentang Sengkuni. Mau tidak mau, siapapun yang penasaran harus mengulik kisah tokoh Sengkuni.

Bagi bangsa ini, ini sebuah kemajuan. Kok bisa? Sebagian masyarakat jadi antusias untuk mengulik sekilas dunia pewayangan. Di zaman yang semakin menggaet orang untuk berkiblat ke Barat (baca: Amerika) dan Timur (budaya K-pop), ceplosan Anas ibarat sebuah letikan semangat baru bagi sebagian orang untuk membuka sekilas lembaran sejarah budaya bangsa. Tak peduli meskipun akhirnya itu justru semakin memojokkan seorang Anas, Partai Demokrat, dan pihak lain yang terkait dengannya.

Source kompasiana.com kompasiana.com/hastutiishere/5529d25c6ea834c638552d0f/anas-urbaningrum-sukses-membangkitkan-gairah-wayang-nasional#
Comments
Loading...