Wayang Indonesia : Gobog Wayang, Koin Kuno Jawa

0 65

Dunia numismatik Indonesia sangat beragam. Selain dikenal di tingkat nasional, benda numismatik Indonesia sudah merambah ke tingkat internasional. Memang sejak lama, yakni sebelum dunia numismatik berkembang di Nusantara, koleksi asal negara kita banyak dibawa kaum penjajah ke negara mereka. Salah satu koleksi yang menjadi pembicaraan serius di mancanegara adalah gobog wayang atau dalam bahasa kerennya Javanese magic coin.

Sir Thomas Stamford Raffles tercatat merupakan orang yang pertama kali menulis tentang koin gobog wayang dalam bukunya yang sangat populer, The History of Java (1817). Raffles banyak mendapat pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan Nusantara ketika dia menduduki jabatan Gubernur Jenderal Inggris di Jawa (1811-1816). Setelah Jawa diserahkan kembali kepada Belanda, Raffles pulang ke Inggris.  Selain penggemar seni, ternyata dia adalah seorang kolektor mata uang.

Saat pulang ke Inggris, dia membawa 106 koin gobog wayang dari Jawa. Koin sejenis bertambah lima buah berkat kiriman dari William Marsden, penulis History of Sumatra. Sampai sekarang koleksi koin-koin gobog wayang Raffles tersimpan di British Museum, London.

Source kompasiana.com kompasiana.com/djuliantosusantio/5862f681af7e61cd41f1a4c8/gobog-wayang-koin-kuno-dari-jawa-yang-dibawa-raffles-ke-london
Comments
Loading...