Wayang Indonesia : Guna Perkuat Budaya Wayang

0 127

Semua itu berkat kekuatan hamothamonghamemangkat, yakni kemampuan menerima pengaruh dari luar untuk disaring dan diolah guna memperkuat budaya wayangWatak terbuka sekaligus kritis ini sangat dibutuhkan pada masa kini, terutama menyikapi munculnya gerakan radikalisme dan fundamentalisme.

Bahaya dari fundamentalisme adalah menutup cara berpikir, membutakan pikiran, dan tidak berani menanggapi realitas. Padahal, semakin memahami yang lain, kita akan semakin memahami kekayaan budaya dan bisa turut berkontribusi untuk dunia global

tambah Bambang. Upaya menggali filsafat wayang sudah dilakukan Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (Sena Wangi) bersama Fakultas Filsafat UGM sejak 1990-an.

Hingga tahun ini, penelitian bersama itu sudah berhasil mempersembahkan filsafat wayang sistematis yang berusaha menggali metafisika, epistemologi, dan aksiologi wayang

ucap Ketua Sena Wangi Sri Teddy Rusdy. Pada prinsipnya, wayang bukan sekadar tontonan, melainkan juga tatanan dan tuntunan. Wayang disebut wewayanganing ngaurip atau gambaran tentang kehidupan. Tahun 2011, UGM meluncurkan mata kuliah bidang studi filsafat wayang untuk program studi S-1, S-2, dan S-3, yang tak ada di kampus lain.

Source Kompas kompas.id/baca/utama/2017/05/23/filsafat-wayang-perkaya-dunia
Comments
Loading...