Wayang Indonesia : Isnandar Adi Sumarsono, Seni

0 44

Zaman sekarang, seni tradisional sudah tidak lagi diminati banyak orang, seperti tari tradisional, musik tradisional, dan lain-lain, namun ternyata masih ada seniman yang tetap melestarikan seni dan kebudayaannya, salah satunya seni wayang orang bharata. Seniman yang sampai sekarang masih tetap bertahan untuk melestarikan budayanya yaitu Bapak Isnandar Adi Sumarsono. Beliau bergabung di paguyuban wayang orang bharata ketika dirinya masih kecil.

Beliau juga merupakan pelatih tari tradisional. Profesi di bidang kesenian wayang orang ini ternyata merupakan turun temurun dari keluarganya, sehingga Bapak Isnandar pun ikut terjun ke dunia seni wayang orang bharata.  Bapak Isnandar sempat bekerja dibidang lain sebelum ia sukses mendalami kesenian wayang orang ini. Beliau pernah bekerja di pabrik, pernah menjadi talent di studio fantasi dan lain-lain, namun dirinya merasa pekerjaan itu tak sesuai dengan passion-nya.

Beliau mengaku selalu ingin kembali ke dunia seni, khusunya dunia seni wayang orang bharata. Seni wayang orang bharata sudah melekat pada dirinya, karena faktor dari keluarga yang merupakan para seniman juga, sehingga akhirnya beliau memutuskan untuk benar-benar fokus pada pekerjaan sebagai seorang seniman, meski keuntungan yang ia dapatkan tidak seberapa.

Source kompasiana.com kompasiana.com/cucufauziah/5ce40dec6b07c50c716c3b22/isnandar-pejuang-pelestari-seni-wayang-orang-bharata
Comments
Loading...