Wayang Indonesia : Kisruh Patung Wayang Purwakarta

0 45

Sekelompok massa yang mengatasnamakan Masyarakat Peduli Purwakarta melakukan aksi menghancurkan beberapa patung wayang seperti Semar, Bima, Gatotkaca, dan Yudhistira di Purwakarta minggu 18 September 2011 lalu. Aksi ini dilakukan setelah pelaksanaan istighosah atau doa bersama. Menurut situs eramuslim, dalam pantauan mereka, peserta aksi tidak hanya berasal dari Purwakarta tetapi juga dari Bandung, Cikampek, Cianjur dan Ciamis. Berdasarkan berita-berita yang ada di berbagai situs, kontroversi mengenai patung-patung wayang di Purwakarta ini sebenarnya sudah timbul sejak akhir tahun silam.

Bahkan sidang gugatan terhadap pembangunan patung-patung tersebut sudah berjalan. Beberapa demo yang menolak pembangunan dan mendukung penghancuran patung-patung itu juga sudah lama berjalan. Sebagai contoh pada 6 Agustus 2010 silam, Forum Ulama Indonesia yang dipimpin oleh  KH. Abdullah AS Joban, yang sekaligus pimpinan Yayasan Ibnu Sina.

Alasan utama yang dikemukakan dari penghancuran Patung Wayang tersebut adalah karena pendirian Patung-Patung Wayang tersebut :
1. tidak bermanfaat
2. pemborosan secara ekonomi
3. bertentangan dengan nilai-nilai sejarah Purwakarta – karena bukan pahlawan daerah yang diangkat
4. bertentangan dengan nilai-nilai Islami yaitu menyuburkan kemusyrikan, dan
5. secara politik memaksakan kepercayaan kepada tokoh tahayul  secara sistematik, serta
6. secara aspek budaya merupakan pengultusan tokoh khayalan.

Sebenarnya, masalah wayang telah menjadi polemik di kalangan para wali pada jaman dahulu. Karena menurut mereka yang menentangnya, di dalam wayang terdapat unsur-unsur yang bertentangan.

Source kompasiana.com kompasiana.com/enlightened-world/550adbefa33311226a2e3eb6/kisruh-patung-wayang-di-purwakarta
Comments
Loading...