Wayang Indonesia : Kualitas Carnival Wayang Turun

0 53

Panitia memang sudah menentukan kesatuan tema yaitu wayang, dan sepertinya panitia sudah membagi jatah masing-masing, ada yang dapat jatah widadari, wayang wong, punakawan, dsb. Tapi kalau menurutku kemarin rasanya kok kurang ragam ya, pun mampring. Ada materi yang tumbuk antar grupnya. Mampringe karena terkesan

entheng

aja, mungkin musik yang terkesan entheng, karena tak banyak peserta yang pakai musik. Atau interpretasi tentang “wayang” yang sulit dicerna peserta? Stage musik dan atau gamelan di beberapa titik ada bagusnya ada jeleknya. Bagusnya: memasyarakatkan gamelan, ngisi ruang suara yang kosong, agar tak sepi, bisa nambahi greget peserta yang tak pakai musik. Sisi jeleknya: seperti ada saingan keras-kerasan dan menang-menangan di antarannya pemusik yang di panggung dengan pemusik yang berjalan.

Seharusnya pas ada peserta yang lewat, musik yang di panggung sumene dulu, menghormati peserta yang lewat (yang bawa musik). Tapi kemarin kan tidak, yang peserta musike bunyi, yang di panggung ya bunyi, keras-kerasan tak karuan didengar, di telinga tak enak geraknya yang jalan ya dadi kacau beliau. 

Source kompasiana.com kompasiana.com/jujum/550e1031a33311ba2dba7e65/kualitas-carnival-wayang-menurun
Comments
Loading...