Wayang Indonesia : Laskar Jihad Anti Gelar Wayang

0 33

Apakah benar, Laskar Jihad anti pertunjukan wayang? Kalau iya, apa alasan mereka? Sehari setelah Mahkamah Konstitusi membuat putusan bersejarah yang melegakan penulis dan penerbit buku, Rabu (13/10), saya membincangkan putusan itu dengan beberapa teman di dunia maya. Di antaranya dengan Bambang Haryanto. Dia adalah kolumnis spesialis humor. Kepakarannya di bidang humor, menurut saya, luar biasa. Bahkan di layar kaca, beberapa kali Effendy Ghazali menyebut-sebut namanya.

Kali ini Mas BH—demikian saya menyapanya—bukannya mengajak saya berbincang soal humor—soal haha-hihi. Usai membahas sepintas putusan MK itu, dia mengirimiku sebuah kabar buruk. Dibimbingnya saya untuk menengok sebuah tulisan yang dipublikasikan situs The Jakarta Globe. Judulnya: Muslim Hard-Liners in Central Java Attack Shadow Puppet Show. Di berita itu disebutkan bahwa sekelompok pemuda yang menamakan dirinya Laskar Jihad telah membubarkan secara paksa pagelaran wayang di Desa Sembung Wetan, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Peristiwa itu terjadi di rumah Anto Ripto Mulyono, seorang pembuat alat musik gamelan. Malam itu, dia mengadakan perayaan keluarga dan mengundang dalang Ki Agung Nugraha Sukresna untuk menggelar pertunjukan wayang. Ketika pertunjukan wayang sedang berlangsung, mendadak sekelompok pemuda melakukan serangan. Para penyerang itu melemparkan batu dan mengacung-acungkan pedang. Diberitakan, dua orang terluka dalam peristiwa itu.

Source kompasiana.com kompasiana.com/herman_hasyim/54ff0e38a333114f4f50fbb0/laskar-jihad-anti-wayang
Comments
Loading...