Wayang Indonesia : Menengok Wayang Indonesia

0 63

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Yunani juga memiliki seni budaya yang menyerupai wayang yang dikenal dengan nama Karagiozis, yang jika dimainkan lebih mirip wayang kulit kalau di Indonesia. Selain Yunani, beberapa negara juga memiliki hal yang serupa seperti di China, Kamboja, India, Nepal, Belanda dan sebagainya. Berbagai macam wayang atau puppet tersebut ditampilkan oleh Mairivi Georgiadou pada Mairivi Puppet Theater Workshop, tak ketinggalan tentunya wayang dari Indonesia yakni wayang kulit dan wayang golek.

Mairivi yang merupakan seniman dan kolektor puppet dari seluruh dunia tersebut menceritakan bahwa dia mendapatkan koleksi wayang Indonesia pertama kalinya dari beberapa teman baik warga Indonesia maupun warga asing pencinta seni wayang Indonesia. Untuk menambah koleksi dari Galeri Mairivi Puppet Theater Workshop tersebut, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Athena memberikan sumbangan berupa wayang kulit dan wayang golek dari berbagai macam tokoh yang ikut dipamerkan pada saat pembukaan Galeri pada tanggal 12 Oktober 2018 yang lalu.

Galeri didirikan oleh Mairivi Puppet Theater Workshop bekerja sama dengan Departemen Komunikasi, Media, dan Kebudayaan, Universitas Panteion, Athena, dan didukung oleh KBRI Athena itu berlokasi di 33 Deligiorgi, Metaxourgeio, Athena. Galeri nantinya akan menjadi galeri yang bersifat permanen dan menjadi tempat berbagai macam pertunjukan wayang dari berbagai belahan dunia termasuk dari Indonesia.

Source news.detik.com news.detik.com/internasional/d-4260512/menengok-wayang-indonesia-di-athena-yunani?_ga=2.261030093.1500496094.1552980307-98281578.1534139670
Comments
Loading...