Wayang Indonesia : Mengembangkan Wisata Wayang

0 128

Mengembangkan wisata wayangSaat ini, tercatat terdapat 980 desa wisata. Desa wisata berupa kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus yang layak untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa factor pendukung seperti makanan khas, system pertanian, dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. Di luar faktor-faktor tersebut, sumber daya alam dan lingkungan alam yang masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor penting dari sebuah kawasan desa wisata.

Presiden Indonesia termasuk getol mengembangkan industri kreatif sebagai tulang punggung ekonomi nasional. Hal tersebut ditandai dengan didirikannya badan khusus yang mengurusi ekonomi kreatif. Bahkan pada pidato pengantar Nota Keuangan 2016 lalu, beliau akan mengupayakan beragam program aksi pembangunan dengan mengedepankan kapasitas dan daya inovasi anak bangsa sendiri. Tahun ini, pemerintah memberikan dana 1 triliun untuk pengembangan industry kreatif.

Dengan dana sebesar itu, banyak akselerasi yang dapat dilakkan agar tercipta desa – desa yang mengembangkan industri kreatif. Selain itu, dana desa yang setiap tahun dikucurkan pemerintah yang mencapai 1 miliar lebih ke desa-desa juga dapat dimanfaatkan untuk tambahan dana pengembangan industri kreatif. Agar industri kreatif dapat berkembang, pemerintah juga perlu berkerja sama dengan elemen masyarakat sipil agar profesionalitas pengrajin daerah dapat meningkat.

Source Berita id.beritasatu.com/home/phk-dan-desa-wisata/140680
Comments
Loading...