Wayang Indonesia : Nelayan Trenggalek Lestarikan

0 80

Nelayan yang beroperasi di kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi, Trenggalek, menggelar upacara adat Sembonyo dengan melarung aneka sesaji ke tengah laut. Rangkaian labuh laut diawali dengan kirab tumpeng raksasa yang berisi nasi kuning dan aneka hasil bumi, mulai dari kantor Kecamatan Watulimo hingga Pelabuhan Prigi. Sebelum dilepas ke laut, warga dan nelayan terlebih dahulu menggelar doa serta pembacaan silsilah kawasan Prigi.

Menurut panitia penyelenggara Larung Sembonyo, Sukaryanto, upacara adat yang telah ada sejak zaman nenek moyang tersebut merupakan acara tahunan yang rutin digelar oleh masyarakat nelayan setiap bulan Selo (penanggalan Jawa). Larung tumpeng dan aneka hasil bumi tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan hasil laut kepada para nelayan di wilayah teluk Prigi dan sekitarnya selama setahun terakhir.

Tradisi tersebut juga sekaligus untuk mengenang jasa para pendahulu yang telah membuka permukiman di wilayah Prigi. Menurutnya rangkaian kegiatan yang diperkirakan menghabiskan anggaran lebih dari Rp 200 juta tersebut tidak hanya sebantas larung, namun juga ada sejumlah agenda lain, mulai dari pengajian, santunan ayan yatim, pagelaran wayang kulit dan sejumlah kegiatan lainnya. 

Source news.detik.com news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4139688/nelayan-trenggalek-lestarikan-tradisi-nenek-moyang?_ga=2.1677105.1491232328.1553475939-98281578.1534139670
Comments
Loading...