Wayang Indonesia : Pengembangan Seni Tatah Sungging

0 55

Indonesia memiliki keragaman cabang seni, dengan beragamnya seni tersebut melambangkan sebuah identitas Indonesia. Indonesia kaya akan warisan budaya, namun banyak kesenian di Indonesia yang masih terpendam dan belum tersampaikan kepada masyarakat luas. Apalagi dengan datangnya pengaruh budaya asing atau era globalisasi saat ini, kita sejatinya harus melestarikan dan mempertahankan kebudayaan Indonesia. Pengaruh seperti ini menyebabkan terkikisnya kebudayaan di Indonesia.

Seperti seni tatah sungging misalnya, seni tatah sungging merupakan bagian yang tidak lepas dari proses pembuatan wayang kulit. Seni tatah sungging atau kriya tatah sungging sudah dikenal sejak lama, dizamannya tatah sungging mempunyai makna yaitu agung dan berwibawa. Sebagian besar karya seni tatah sungging dijumpai di pusat pemerintahan pada masa kerajaan yang berkembang di Indonesia ini. Seni tatah sungging mempunyai bentuk produk hias yang pada proses pengerjaannya dengan cara ditatah dan disungging, seperti pada wayang kulit misalnya tatah sungging dimanfaatkan sebagai mata pencaharian bagi pengrajin yang sekaligus melestarikan budaya khas Indonesia yaitu wayang kulit.

Fungsi tatah sungging selain melestarikan, yaitu terletak pada unsur keindahan yang ditampilkan dimensi kulit saat
dalang memainkannya di sebuah pertunjukan wayang. Karena bahan yang digunakan adalah kulit alami, yang nanti dikeringkan terlebih dahulu kemudian diukir, ditatah dan disungging hingga proses pengecatan atau pewarnaan sehingga memilik kualitas tinggi.

Source media.neliti.com media.neliti.com/media/publications/196114-ID-pengembangan-seni-tatah-sungging-wayang.pdf
Comments
Loading...