Wayang Indonesia : Peringatan Hari Wayang Dunia

0 224

Peringatan ‘Hari Wayang Dunia’ berlangsung meriah dan hikmad, sejak pagi hingga sore. Dimeriahkan dengan sejumlah acara, antara lain pergelaran “Wayang Potehi” (oleh Rumah Cinta Wayang), pertunjukan Boneka Kayu dari Samosir  “Sigale-gale,” pergelaran Wayang Kulit, lakon “Kikis Tunggarana” oleh dalang Ki Sutrisno. Digelar juga pertunjukan Reog, berbagai tarian dengan pesona wayang, serta Kuda Kepang massal, dari empat komunitas Banyumasan.

Sebelum pergelaran diselenggarakan sarasehan menyoal wayang dalam konteks kekinian, yang menghadirkan para pembicara antara lain;  Drs Suparmin Sunjoyo, Dr Darmoko, Dr Al Zastrouw, dan Dr Maria Theresia Widyastuti. Kepala Bidang Humas SENA WANGI, Sulistyowati yang hadir di acara tersebut, menyampaikan, bahwa ada kesamaan visi antara UNIMA Indonesia dan SENA WANGI. Sejarah perjalanan kedua organisasi pewayangan ini, menurutnya, saling terkait.

Kita tidak dapat membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan. Tapi kewajiban mengenal masa lalu (budaya) menjadi kebutuhan penting, sebagai sumber nilai, norma, adat, tradisi. Inilah yang menjadi visi UNIMA Indonesia dan SENA WANGI, meletakkan budaya Indonesia sebagai bagian sentral dari pembangunan budaya dunia di masa depan

ujarnya. Perayaan ‘Hari Wayang Dunia’ merupakan tahapan menjelang Indonesia menjadi Tuan Rumah Kongres UNIMA (Union Internationale de la Marionnette) Internasional dan Festival Wayang Dunia yang akan dilaksanakan di Gianyar Bali, bulan April 2020 mendatang. Dihadiri 90 Negara.

Source id.beritasatu.com id.beritasatu.com/home/unima-indonesia-gelar-perayaan-hari-wayang-dunia/173523
Comments
Loading...