Wayang Indonesia : Politik Wayang Jokowi Boneka

0 156

Suka tidak suka, mau tidak mau iklim perpolitikan kita sangat didominasi oleh budaya atau kultur Jawa, dan salah satu kultur Jawa yang mempengaruhi Indonesia dari awal kemerdekaan sampai hari ini adalah politik berdasarkan perwayangan atau saya singkat politik wayang. Apa itu politik wayang? secara singkat politik wayang mengemulasi dunia perwayangan, yang mana penonton hanya melihat lakon boneka wayang yang dimainkan oleh dalang dalam bentuk bayangan dan kelebatan dalang yang memainkan wayang akan tetapi penonton tidak melihat dengan pasti siapa yang menjadi dalang.

Secara singkat politik wayang berarti rakyat biasa hanya dapat melihat atau merasakan kelebatan bayangan dari permainan politik yang sedang dimainkan dalang akan tetapi kita tidak akan mengetahui siapa sosok dalang itu sebenarnya.

Salah satu contoh permainan politik wayang yang pernah terjadi di negeri adalah kerusuhan Malari, di mana sampai sekarang rakyat tidak pernah tahu mengapa, bagaimana bisa terjadi kerusuhan Malari, dan yang lebih penting lagi siapa dalangnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa penggerak kerusuhan Malari adalah Ali Moertopo untuk menggusur Jenderal Soemitro tetapi hal ini tidak pernah dapat dibuktikan.
Source kompasiana.com kompasiana.com/robert99/54f80cf1a33311541d8b4f46/politik-wayang-dan-jokowi-si-boneka
Comments
Loading...