Wayang Indonesia : Selamat Hari Wayang Nasional

0 58

Sabtu (7/11) tepat 12 tahun diresmikannya wayang sebagai warisan dunia oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (Unesco). Dalam lembaga yang bernaung di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu, wayang ditetapkan dalam daftar Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanitiy pada 7 November 2003. Beberapa tahun berikutnya, menyusul lima warisan nusantara lainnya, seperti Keris, Batik, Angklung, Tari Saman, dan Noken.

Ironisnya, hingga kini, pemerintah kita belum menetapkan adanya Hari Wayang. Mungkin, bagi sebagian pihak, tidak penting. Namun, sejatinya, dengan adanya peringatan Hari Wayang nasional tentu tidak berlebihan. Sebab, wayang memang sudah dikenal di kolong langit ini sebagai warisan yang tak ternilai sebagai mahakarya. Bahkan PBB pun mengakuinya. Sayangnya, sejak beberapa tahun terakhir, berbagai usulan dari komunitas wayang, praktisi, hingga dalang seperti Ki Manteb Soedharsono, mungkin dianggap pemerintah sebagai angin lalu.

Padahal, apa sulitnya, sekadar menetapkan dalam kalender resmi, mengingat wayang sudah dikenal di seluruh Tanah Air. Meski begitu, saya berharap ke depannya, pemerintah atau instansi terkait, turut menetapkan Hari Wayang Nasional seperti halnya batik yang diperingati setiap 2 Oktober.

Source Kompas kompasiana.com/roelly87/563f1ea15797732307666bf0/selamat-hari-wayang-nasional
Comments
Loading...