Wayang Indonesia : Seni Pertunjukan Wayang INA

0 56

Seni merupakan sebuah karya. Salah satunya seni pertunjukan yang terkenal adalah wayang kulit. Siapa yang tak kenal pertunjukan wayang kulit? Wayang kulit merupakan budaya asli Indonesia yang berasal dari Pulau Jawa.Wayang berasal dari kata

Ma Hyang

yang artinya menuju kepada roh spiritual, dewa, atau Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut disebabkan karena penonton juga bisa menonton wayang dari belakang kelir atau hanya bayangannya saja. Pertunjukan wayang dimainkan oleh seorang Dalang. Dalang merupakan seorang narator dialog tokoh pewayangan yang ditampilkan dan harus mengubah karakter suara, berganti intonasi, mengeluarkan guyonan dan bahkan menyanyi. Selama pertunjukan diiringi dengan berbagai alat musik seperti gamelan, gong, dan lain-lain yang dimainkan oleh seorang nagaya dan tembang Jawa yang dinyanyikan oleh seorang sinden.

Dalang memainkan wayang di balik kelir, yaitu layar yang terbuat dari kain putih dan dari belakang disorot dengan belancong (lampu minyak), sehingga penonton hanya melihat bayangan dari wayang yang dimainkan oleh sang Dalang dari sisi depan kelir. Cerita wayang bersumber pada beberapa kitab tua misalnya Ramayana, Mahabharata, Pustaka Raja Purwa dan Purwakanda. Pagelaran wayang kulit dimulai ketika sang dalang telah mengeluarkan gunungan. Sebuah pagelaran wayang semalam suntuk gaya Yogyakarta dibagi dalam 3 babak yang memiliki 7 jejeran (adegan) dan 7 adegan perang. Babak pertama, disebut pathet lasem.

Source Kompas kompasiana.com/enilistiyani/5750671ed59273bb1f004530/seni-pertunjukan-wayang#
Comments
Loading...