Wayang Indonesia : Seni Wayang Dicintai Milenial?

0 18

Generasi milenial yang suka menonton wayang sepertinya tak banyak. Hal ini tentu disayangkan, padahal banyak pesan moral yang disampaikan lewat pertunjukan wayang. Semestinya pertunjukan wayang jadi salah satu jati diri bangsa, terutama terkait budaya. Kalau tidak dilestarikan seumur hidup, pasti terus dilupakan oleh generasi muda. Karenanya, Sekretariat Nasional Wayang Indonesia (Sena Wangi) mencoba mendekati generasi milenial supaya cinta wayang.

Sebabnya, wayang merupakan satu identitas bangsa yang sejak dulu sudah ada. Sayangnya, dunia pewayangan saat ini menghadapi tantangan besar dalam menjangkau khalayak generasi muda. Perlu strategi penyesuaian agar wayang tetap bisa dinikmati khalayak luas, khususnya generasi milenial. Antara lain penyesuaian waktu pertunjukkan yang tidak harus digelar semalam suntuk. Wayang bisa digelar dalam waktu singkat, tanpa menghilangkan inti pesan moral yang disampaikan kepada penonton.

Source lifestyle.okezone.com lifestyle.okezone.com/read/2019/02/19/406/2020254/dipandang-membosankan-bagaimana-agar-kesenian-wayang-dicintai-milenial
Comments
Loading...