Wayang Indonesia : Seni Wayang, Sarana Edukasi

0 47

Wayang sebagai sarana pendidikan, sudah dilakukan para pendahulu kita sejak lama. Dalam konteks kekinian, ada Dhiyandra Natalegawa, yang dengan telaten menggunakan wayang sebagai media pendidikan di sekolah bagi anak-anak usia taman kanak-kanak di Pejaten Barat Raya, Jakarta Selatan. Dhiyandra Natalegawa, yang lahir dan tumbuh besar di London, Inggris, memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia tersebut kepada murid-muridnya, dalam bahasa Inggris.

Tokoh wayang Arjuna, misalnya, diperkenalkan di depan kelas sebagai tokoh baik dengan teladan positif. Sebagai bagian dari proses edukasi, sama seperti dalam wayang, hidup ini selalu memiliki sisi positif dan sisi negatif. Dengan kata lain, memahami wayang, sama artinya dengan memaknai kehidupan itu sendiri. Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA), meyakini, bahwa wayang mengandung banyak pesan moral, yang bermanfaat bagi penanaman nilai-nilai dalam diri seseorang.

Hal itu ia garisbawahi saat berdialog dengan 200 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang menghadiri pentas Wayang in Town-Journey in a Thousand Years, di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, pada Selasa (17/11/2015). Atas dasar itulah, Jahja Setiaatmadja memfokuskan aktivitas Bakti BCA, institusi yang menangani Corporate Social Responsibility (CSR) Bank BCA, pada pengenalan wayang kepada para pelajar.

Source Kompas kompasiana.com/issonkhairul/564fee4b04b0bd3505d9da8e/lukisan-wayang-karya-pelajar-smp-bukti-cinta-mereka-pada-budaya-indonesia
Comments
Loading...