Wayang Indonesia : Seni Wayang & Sebuah Pesan

0 67

Festival Dalang Cilik (FDC) VI yang merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Museum Pendidikan Indonesia di Universitas Negeri Yogyakarta. FDC VI di mulai dengan kegiatan pembukaan pada tanggal 30 April 2016 pukul 19.30-24.00 WIB dengan penampilan kolabarasi dari 3 dalang yaitu Ki Prof. Dr. Suminto A.Sayuti, Ki Drs. Iswahyudi, M.Hum dan Ki Drs. Cipto Budy Handoyo, M.Pd. dan dilanjutkan rangkaian lomba mulai dari Lomba dalang cilik, lomba mewarnai wayang dan pameran wayang nusantara.

Lomba Dalang Cilik

Lomba dalang cilik di ikuti oleh 45 orang peserta, semua peserta berasal tingkat SD dan SMP dari seluruh Indonesia. Peserta sebagian besar berasal dari Yogyakarta, Solo, Bantul, Sleman, Blora, Jakarta, Surabaya dan lain-lain. saya begitu terkesima ketika membaca biodata peserta yang mengikuti lomba FDC VI, hampir semua peserta memiliki prestasi yang membanggakan di tingkat dalang cilik Nasional. Bukan hanya masalah prestasi tetapi saya sangat mengapresiakan dengan kecintaan anak-anak muda Indonesia dalam menjaga kesenian wayang di tengah kencangnya terpaan angin globalisasi.

Source kompasiana.com kompasiana.com/adhaneffendi/5724bf8fee9673ac09c5e1f7/kesenian-wayang-dan-sebuah-pesan-untuk-masa-depan
Comments
Loading...