Wayang Indonesia : Seniman yang Jalani Wayang

0 181

Seniman yang menjalani profesi wayang kulit harus diperhatikan kesejahtaraanya, peningkatan kesejahtaraan akan mendorong pelaku seni wayang untuk merasa tenang dalam menjalani prosfesinya. Cara memperhatikan kesejahtaraan juga dapat ditempuh dengan cara mengangkat setiap Dalang yang mengisi pementasan wayang kulit secara rutin di Stasiun radio atau televisi pemerintah sebagai pegawai Pemerintah Daerah Perhatian pemerintah kepada pelaku seni juga dapat diberikan dalam bentuk menyediakan tempat untuk menyelengarakan pementasan wayang kulit.

Sebagaimana diuraikan dimuka bahwa pementasan wayang kulit hanya dilakukan apabila ada yang mengundang sehingga pementasannya tidak bisa dilakukan secara rutin. Adanya tempat untuk pementasan wayang kulit memungkinkan pementasan dapat dilakukan secara terjadwal sehingga para Dalang dapat bergantian melakukan pementasan. Peran pemerintah dalam memajukan budaya wayang kulit dapat dilakukan dengan membantu promosi terhadap kegiatan pementasan wayang kulit, juga perlu dilakukan, promosi tersebut dilakukan ke sekolah-sekolah. Sekolah dapat membuat sebuah kegiatan ekstrakulikuler yang mewajibkan siswanya untuk melihat pertunjukan wayang kulit dan membuat laporan atas tugas tersebut.

Source researchgate.net researchgate.net/publication/301740589_UPAYA_MENCEGAH_HILANGNYA_WAYANG_KULIT_SEBAGAI_EKSPRESI_BUDAYA_WARISAN_BUDAYA_BANGSA
Comments
Loading...