Wayang Indonesia : Solo Wayang Karnaval pada 2012

0 130

Solo Wayang Karnaval 2012 merupakan event yang dirancang oleh pemkot surakarta untuk mendukung Solo sebagai kota budaya. Peserta pawai bertema “Solo Wayang Karnaval itu” mulai berjalan dari Lapangan Kota Barat Solo dan berakhir di balai kota. Total pesertanya sekitar 1.600 orang yang merupakan gabungan kelompok kesenian, pegawai pemerintahan, para pelajar sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, mahasiswa dan beberapa komunitas.

Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) juga ikut unjuk gigi dengan mengenakan pakaian tokoh wayang Yudistira menunggang kuda diikuti para pejabat lainnya pada karnaval tersebut. begitu pula dengan Para perempuan yang menjabat sebagai kepala dinas di lingkungan pemkot setempat turut dalam karnaval tersebut juga mengenakan pakaian tokoh wayang. Mereka menampilkan berbagai tokoh wayang  dari kisah Mahabarata, Ramayana di antaranya para dewa, bidadari, raksasa, pandawa, kurawa, emban, sentana, dan prajurit.

Selain itu, juga ada peserta dengan penampilan kostum para tokoh wayang golek, potehi atau wayang China, gedog atau panji, wayang kancil, wayang suluh atau nabi, dan wayang wahyu. Harus diakui Wayang sudah sangat mendunia kawan, kita harus bangga !!

Source Serdadu serdaducahaya.wordpress.com/2012/02/27/sore-yang-menakjubkan-di-solo-wayang-karnaval-2012
Comments
Loading...